Tarik-Menarik Pengelola Askeskin Merugikan

Tarik menarik pengelola Asuransi Kesehatan Masyarakat Miskin (Askeskin) mengorbankan masyarakat dan rumah sakit yang dananya belum dibayarkan hingga miliaran rupiah.


“Askeskin selama ini dikelola PT Askes. Depkes akan melakukan perubahan pengelolanyaa. Tapi sampai sekarang masih terjadi tarik-menarik,” jelas anggota Komisi IX DPR Chairul Anwar kepada okezone di sela acara PKS di Hotel Sofyan Cikini, Jakarta, Minggu (24/2/2008).

Padahal, kata Anwar, dari awal yang menunjuk PT Askes sebagai pengelola Askeskin adalah pemerintah sendiri. “Pada waktu itu DPR menyarankan agar pengelola Askeskin tidak hanya satu, tapi pemerintah bersikeras. Ternyata sekarang pemerintah sendiri yang kecewa dengan PT Askes,” jelasnya.

Pemerintah, lanjut Chairul ingin mengalihkan pengelolaan dalam bentuk lain dan mengenai ini pemerintah pun belum ada jaminan apakah yang baru itu bisa lebih bagus dari PT Askes, sementara itu dana askeskin sekarang ada Rp3,6 triliun.

DPR sendiri, katanya, sedang membentuk Panja Askeskin untuk mendudukkan askeskin pada posisi yang menguntungkan masyarakat. “Karena yang mengatur sistem jaminan sosial kesehatan belum dibuat, sehingga kalau misalnya UU berlaku nanti, maka bisa ditetapkan siapa pengelola tetapnya, agar tidak berpindah-pindah,” jelasnya.

Namun, ujarnya, karena UU belum ada dan terjadi tarik-menarik, yang menjadi korban adalah yang di bawahnya.

“Kita berharap masa sidang ini cepat selesai dan ditentukan bentuk pengelolaannya siapa yang bertanggung jawab, juga pengontrolnya,” pungkasnya.

(source : http://news.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/02/24/1/86287)

Berita Askeskin terkait :

– Presiden Menunggu Audit PT. Askes http://news.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/02/20/1/85269

– RS Soetomo Pangkas Fasilitas Untuk Orang Miskin http://news.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/02/20/1/85071

2 Tanggapan

  1. Kira-kira bisnis apa ya dibelakngnya?

  2. pantas aja rumah sakit males melayani pasien kalau udah pakai askeskin. dulu aja pas ngerawat istri saya di rs, saya liat banyak yang pakai askeskin di telantarin. duh kasihan mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: